info kesehatan/unik/serba serbi

Thursday, 22 November 2012

Pertolongan Sederhana pada Gigitan Serangga

detail berita
Digigit serangga
GIGITAN nyamuk dan serangga dapat mengganggu dan menjengkelkan. Menggaruk karena rasa gatal yang ditimbulkan bisa menyebabkan infeksi pada kulit.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa ada beberapa orang yang rentan terhadap gigitan nyamuk, sementara yang lain tidak? Aroma tubuh ternyata menjadi salah satu alasan.

Para ilmuwan menemukan bahwa nyamuk sangat tergantung pada rangsangan penciuman ketika mencari objek yang akan digigitnya, meskipun rangsangan visual dan thermal yang membantu juga. Jika keringat Anda memiliki proporsi yang tepat dari karbondioksida, octenol, asam laktat dan senyawa lainnya, Anda kemungkinan besar untuk digigit.

Secara umum, orang yang memakai produk beraroma bunga dan yang berkeringat, lebih rentan terhadap gigitan nyamuk. Pria lebih sering digigit daripada perempuan, sedangkan orang dewasa yang digigit lebih banyak daripada anak-anak, demikian seperti yang dilansir Steadyhealth.

Gigitan nyamuk biasanya tidak menyebabkan reaksi alergi parah atau sistemik yang memerlukan perawatan medis segera. Namun, gatal parah dapat menjadi gangguan besar. Orang-orang tertentu memiliki reaksi hipersensitivitas terhadap gigitan nyamuk. Dengan menggunakan pengobatan rumah sederhana, murah dan mudah diakses, ketidaknyamanan pembengkakan, gatal, dan lainnya yang disebabkan oleh gigitan nyamuk dapat diobati dan dikelola secara efektif.

Gigitan serangga bisa sangat gatal. Tapi tak peduli seberapa tidak nyaman dan menjengkelkan mereka bisa mendapatkan, hindari menggaruk. Kuku Anda mengandung jutaan bakteri penyebab penyakit. Jadi menggaruk gigitan tidak hanya memperburuk gejala setelah kulit rusak, tetapi juga dapat menyebabkan selulitis, bentuk parah dari infeksi yang melibatkan kulit dan jaringan yang mendasarinya.

Demam, menggigil, kelelahan, kulit kemerahan, dan rasa sakit adalah manifestasi umumnya. Jika Anda mengalami gejala tersebut, yang terbaik dengan menghubungi dokter yang mungkin meresepkan Anda dengan analgesik dan antibiotik.

Untuk meredakan gatal, menerapkan salep atau pasta dengan sifat anti-inflamasi ke situs gigitan. Losion kalamin berisi zinc dan besi trioksida dengan efek menenangkan kulit yang teriritasi. Ibuprofen gel dan krim hidrokortison juga memberikan efek jangka panjang menenangkan dan ideal dalam kasus-kasus gatal parah.

Anda juga dapat membuat sendiri pasta anti-gatal menggunakan produk yang biasanya ditemukan di dapur Anda. Campurkan satu sendok teh air dengan satu sendok teh pelunak daging atau baking soda, dan langsung menerapkannya di atas benjolan gatal. Antiseptik rumah tangga biasa seperti menggosok larutan alkohol iodin dan peroksida juga efektif dalam mengurangi iritasi.


Sumber