info kesehatan/unik/serba serbi

Friday, 23 November 2012

Ritual Pengantar Arwah Khusus untuk Tentara Gurkha

Tentara Gurkha (Foto: Daily Mail)
Tentara Gurkha
KATHMANDU - Para veteran tentara Gurkha melakukan ritual untuk mengantarkan arwah dari rekan mereka yang telah meninggal. Tentara Gurkha merupakan tentara Nepal yang bekerja untuk pihak Inggris dan dikenal dengan kenekatannya.

Ritual pengantar arwah itu diselenggarkan oleh Organisasi Veteran Tentara Gurkha (GAESO). GAESO mengumpulkan pendeta dari seluruh wilayah Nepal untuk menjalankan ritual bagi rekan-rekannya yang sudah meninggal itu.

“Arwah mereka masih berkeliaran di dunia ini karena mereka dimakamkan secara tidak layak. Arwah mereka harus dibebaskan dengan cara melakukan ritual tertentu," ujar Ketua GAESO Padam Bahadur Gurung, seperti dikutip Reuters, Kamis (22/11/2012).

Kepercayaan di Nepal menyebutkan para anak cucu akan terkena bala bila nenek moyangnya masih menjadi arwah penasaran. Keturunan dari arwah tersebut harus menyelenggarkan ritual untuk mengantarkan arwah poenasaran itu ke dunia yang selanjutnya.

Tentara Gurkha dikenal sebagai tentara yang bengis dalam pertempuran. Tentara  Gurkha direkrut oleh Inggris setelah mereka berhasil memukul mundur tentara Inggris yang ingin menginvasi wilayah Nepal pada tahun 1815. Dalam upaya invasi itu banyak tentara Inggris yang menjadi korban keganasan tentara Gurkha.

Tentara Gurkha juga ikut bertempur untuk Inggris dalam Perang Dunia II. GAESO mengatakan sekitar 60 ribu tentara Gurkha tewas dalam pertempuran selama Perang Dunia II berlangsung. GAESO menyatakan rekannya yang gugur tersebut tidak mendapat pengakuan yang layak dari pemerintah Inggris.

Sumber