info kesehatan/unik/serba serbi

Wednesday, 7 November 2012

Barca Percayakan Masa Depan pada 'Cantera'

Pemain muda Barca Cristian Tello merayakan gol (Foto: Reuters)
Pemain muda Barca Cristian Tello merayakan gol
BARCELONA - Direktur olahraga Barcelona, Andoni Zubizarreta ikut nimbrung dalam perdebatan Real Madrid soal pemain mudanya. Zubizarreta menilai, Madrid tidak sukses dalam hal pembinaan pemain muda, karena tidak memiliki budaya tersebut.

Beberapa waktu lalu, pelatih El Real Jose Mourinho mendapat kritik karena dinilai mengabaikan para pemain muda di Real Madrid Castilla. Namun, pelatih asal Portugal itu mengelak, dan menunjuk pelatih Castilla Alberto Toril sebagai orang yang pantas disalahkan.

Terlepas dari perdebatan itu, presiden klub Los Blancos, Florentino Perez mengatakan bahwa dirinya akan mengubah kebijakannya dengan menaruh perhatian besar pada pembinaan pemain muda.

Berbeda dengan Madrid, rival abadinya, Barcelona justru sukses melakukan pembinaan pemain muda. Klub asal Katalan itu selalu konsisten menyelipkan beberapa cantera (pemain mudanya) ke tim utama, dan kebanyakan dari mereka sukses menunjukkan kualitasnya. Sebut saja Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Francesc Fabregas, Lionel Messi, hingga yang terkini yakni Martin Montoya dan Cristian Tello.

“Perbedaan (antara Barca dan Madrid) adalah, kami punya budaya untuk terus memainkan mereka,” tutur Zubizarreta dikutip Football-Espana.

“Barcelona punya ‘budaya cantera’ dan kami berani untuk menggunakan dan memberi kepercayaan kepada mereka. Kami adalah klub yang mendorong itu dan itu memberikan kami hasil yang sangat baik dalam beberapa tahun terakhir,” sambung pria yang berposisi sebagai kiper saat aktif sebagai pemain tersebut.

Sumber