info kesehatan/unik/serba serbi

Monday, 8 October 2012

5 Olahraga Paling “Gila” di Dunia

Gila, berbahaya, dan tak masuk akal mungkin dapat mewakili ekspresi kita sesaat setelah membaca dan menonton video di dalam artikel ini. Istilah berbahaya mungkin sudah umum di dunia olahraga, khususnya bidang olahraga balap. Namun, seberapa gilakah bidang olahraga yang Anda tahu pernah ada di bumi ini? Uniknya.com merangkum lima olahraga paling gila yang pernah ada di dunia.

1. Berguling-guling Mengejar Keju di Bukit 




The Cooper’s Hill Cheese-Rolling and Wake adalah sebuah acara tahunan yang diselenggarakan saat Liburan Musim Semi untuk masyarakat Inggris dan Irlandia yang disebut Spring Bank Holiday. Permainan yang katanya berasal 200 tahun lalu ini diselenggarakan di Bukit Cooper dekat kota Gloucester, di wilayah Cotswolds, Inggris. Permainan olahraga yang diyakini pernah menjadi ritual penyembuhan kaum pagan ini merupakan acara tradisi yang dilakukan dan diperuntukkan masyarakat yang tinggal di pedesaan Brockworth, namun kini acara tahunan ini diselenggarakan di seluruh dunia. Menyembuhkan lewat cara menyiksa diri? Aneh, bukan? Nama acara ini pun diambil dari nama sebuah bukit dimana event olahraga ini diselenggarakan pertama kali.


2. Hurling
Hurling adalah sebuah permainan tim yang dilakukan di luar ruangan. Permainan ini berasal dari kaum Gaelic kuno sejak 3000 tahun lalu dan dianggap sebagai permainan tim lapangan tercepat di dunia dalam bidang permainan olahraga. Salah satu permainan pribumi Gaelic dari Irlandia ini memiliki sejumlah persamaan dengan sepakbola biasa, seperti lapangan dan gol, jumlah pemain, dan istilah-istilah lainnya. Dan olahraga ini merupakan campuran antara hoki, sepakbola, rugby dan teror yang dapat membuat celana Anda basah tak henti-henti.


3. Eukonkanto (Gendong Istri)


Wife carrying atau Gendong Istri yang bahasa Irlandianya adalah eukonkanto atau akankanto, adalah sebuah olahraga dimana para peserta pria berlomba sambil menggendong seorang wanita. Olahraga ini pertama kali diperkenalkan di kota Sonkajärvi, negara Finlandia beberapa tahun lalu sebagai lelucon. Kompetisi-kompetisi besar untuk permainan ini diselenggarakan di Sonkajärvi, Finlandia (dimana hadiahnya tergantung pada beban si istri).
Kejuaraan Gendong Istri di Amerika Utara (The North American Wife Carrying Championships) diselenggarakan tiap tahun saat akhir pekan yang disebut Columbus Day Weekend di bulan Oktober di sebuah penginapan bernama Sunday River Ski Resort di kota Newry, negara bagian Maine, Amerika Serikat.
4. Buzkashi
Buzkashi atau Kok-boru atau Oglak Tartis atau Ulak Tartysh (menyeret kambing) adalah sebuah olahraga tim berasal dari Asia Tengah yang dimainkan di atas punggung kuda. Negara-negara yang menyelenggarakan olahraga ini adalah Afghanistan, Uzbekistan, Tajikistan, Kyrgyzstan, Turkmenistan, Pakistan utara, bagian Wilayah Cina, dan Kazakhstan.
 5. Permainan Tembok Eton