info kesehatan/unik/serba serbi

Sunday, 21 October 2012

Banjir Gol di Riazor, Barca Hanya Menang Tipis

Cesc Fabregas (kiri) dan Lionel Messi, kedua pemain ini mempunyai andil besar dari kemenangan 5-4 Barca atas Deportivo (foto: Reuters
Cesc Fabregas (kiri) dan Lionel Messi, kedua pemain ini mempunyai andil besar dari kemenangan 5-4 Barca atas Deportivo
LA CORUNA – Laga menghibur tersaji di Estadio Municipal Riazor, di mana Deportivo La Coruna menjamu pemimpin klasemen La Liga, Barcelona. Bagaimana tidak, sebanyak sembilan gol tercipta di partai yang berakhir untuk kemenangan tipis El Barca 5-4.

Permainan terbuka mewarnai jalannya babak pertama dan juga babak kedua. Selain itu sembilan kartu kuning dan sebuah kartu merah dikeluarkan sang pengadil. Di samping itu, Lionel Messi juga mengeluarkan pesonanya dengan membuat hattrick pada pertandingan Minggu (21/10/2012), dini hari WIB.

Barca turun tanpa jenderal lapangan tengah, Xavi Hernandez yang hanya bisa duduk di bangku cadangan. Sementara pada line up, tampak pelatih Tito Vilanova lebih mengandalkan tiga penyerang sekaligus.

Babak Pertama
Seakan tidak mau menyia-nyiakan pertandingan, Barcelona langsung ngebut mencetak gol di babak pertama ini. Terbukti, baru tiga menit pertandingan berjalan, Blaugrana sudah unggul lewat kaki Jordi Alba.

Setelah itu, Barca kembali menambah gol lewat aksi Cristian Tello yang sukses menjebol gawang Aranzubia, sekaligus menambah keunggulan Barca menjadi 2-0 atas tuan rumah Super Depor.

Pundi-pundi gol Barca terus bertambah. Kali ini Lionel Messi menyumbangkan gol, lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti yang tak bisa terjangkau oleh Aranzubia. Skor 3-0 untuk keunggulan Barca, hingga menit ke-18 ini.

Tapi pada menit ke- 26 Deportivo berhasil memperkecil kekalahan lewat penalti yang dilakukan Pizzi. Hadiah penalti dialami Barca, usai Mascherano melakukan pelanggaran kepada Riki di dalam kotak terlarang. Skor 1-3 Deportivo menipiskan ketertinggalan mereka.

Sepertinya Super Depor tersentak dengan gol balasan mereka itu, pasalnya pada menit ke-37, tuan rumah kembali menambah gol sekaligus memperkecil ketertinggalan mereka dari sang tamu. Setelah Alex Bergantinos sukses membobol gawang Victor Valdes. Skor 3-2, Barca masih memimpin.

Keasyikan menyerang, gawang Deportivo kembali bobol. Kali ini umpan matang dari Cesc Fabregas mampu diselesaikan dengan baik oleh Messi. Untuk membuat Barca kembali menjauh menjadi 4-2. Gol ini juga sekaligus menutup babak pertama.

Babak Kedua
Memasuki interval kedua, Super Depor kembali memperkecil ketertinggalan mereka menjadi 3-4, setelah Pizzi menciptakan gol indah lewat servis free kick, yang tak mampu dijangkau Valdez. Skor 4-3 untuk keunggulan Barca.

Pada menit ke-49, Barca harus kehilangan satu pemainnya, yaitu bek Javier Mascherano. Gelandang tim nasional Argentina itu mendapat kartu kuning kedua alias kartu merah karena melakukan pelanggaran kepada Riki, bahkan tengannya sempat mengenai muka pemain lawan itu.

Messi akhirnya sukses mencetak hattrick pada pertandingan yang banjir gol ini. Dimulai dari upaya Messi yang seorang diri melepaskan jeratan dari pemain tuan rumah, kemudian Messi melakukan solo run sambil mengecoh dua bek yang mengawalnya. Melihat ruang kosong, Messi akhirnya mengirimkan bola ke sudut kanan jauh dari jangkauan kiper. Skor 5-3, Barca kembali menjauh.

Belum ada tiga menit gol Messi tercipta, Super Depor menipiskan jarak kembali. Kali ini gol dari tuan rumah diciptakan oleh sang tamu, yaitu lewat kaki Alba, yang berniat menghalau bola hasil crossing-an. Tapi justru dia ‘sukses’ mendaratkan dengan cantik bola tersebut ke gawang Valdez. Deportivo kembali memperkecil keadaan menjadi 4-5 masih dalam keunggulan El Barca.

Tampaknya gol bunuh diri dari Alba itu menjadi gol penutup untuk pertandingan di jornada kedelapan tersebut. Maka dengan kemenangan ini, Barca mengoleksi 22 poin berbeda tiga poin dengan Atletico Madrid, yang belum memainkan pertandingan.

Susunan Pemain:
Deportivo: 1. Aranzubia, 24. Marchena, 5. Zé Castro, 17. Ayoze, 15. Laure, 21. Valerón (Camunas 61’), 14. A. Aguilar, 4. Álex Bergantiños, 11. Riki (Diogo 79’), 16. Bruno Gama (Nelson 61’), 9. Pizzi

Barcelona: 1. Valdés, 18. Jordi Alba, 19. Montoya, 14. J. Mascherano, 4. Fàbregas (Xavi 61’), 8. Iniesta, 25. A. Song, 16. Busquets, 10. L. Messi, 7. David Villa (Adriano 53’), 37. Tello (Pedro 56’)

Sumber