info kesehatan/unik/serba serbi

Wednesday, 24 October 2012

Buka Jendela Rumah, Bakteri Penyakit Mati Terkapar!

Buka Jendela Rumah, Bakteri Penyakit Mati Terkapar!
Buka jendela agar rumah sehat 
 
JAKARTA Rumah terlihat rapi, belum tentu bebas dari bakteri. Nyatanya, bakteri tetap ada diman-mana. Untuk menyingkirkannya, tidak terlalu rumit.
"Bakteri dapat mati jika terkena sinar ultraviolet, minimal buka jendela agar sinar matahari masuk ke dalam ruangan, " kata dr. Anis Karuniawati, SpMK, Ketua Laboratorium Mikrobiologi FKUI dalam workshop Downy bertema "Healthy Home, Happy Family", Selasa (22/10/2012), di Jakarta.
Untuk makanan mentah dan susu segar, kita dapat memanaskan dengan suhu tinggi, atau pasteurisasi suhu rendah berkali-kali. Sedangkan untuk ruangan dan benda-benda di sekitar, kita dapat men-sterilkan dengan bahan kimia, atau dapat juga menggunakan disintektan dan antiseptik.
"Baju, handuk, dan kain lainnya sebaiknya dicuci dengan detergen, bilas dengan air bersih, dan keringkan di bawah sinar matahari," lanjut Anis.
Perhatikan pula pembuangan sampah di rumah, suhu kulkas, serta penyimpanan makanan mentah dan matang di kulkas. Pengolahan dan penyajian makanan dan minuman secara higienis juga memerkecil kontaminasi bakteri.
Di sisi lain, bakteri ada dampat tumbuh dan berkembang biak di suhu minus dan suhu paling panas hingga 40 derajat. Suhu di bawah 15 dejarat, bakteri akan diam.
"Kalau di freezer, bakteri tetap hidup, tapi tidak berkembang biak. Jangan mengeluarkan makan yang sama dari freezer berkali-kali. Siapkan makanan secukupnya atau dibagi-bagi dalam wadah," tutupnya.