info kesehatan/unik/serba serbi

Wednesday, 31 October 2012

Oral Seks, Penyebab Kanker Mulut Nomor1

detail berita
Ilustrasi: Waspada oral seks
PENYAKIT yang menghampiri setiap manusia bisa datang kapan saja dan dalam aktivitas apapun. Salah satunya, baru-baru ini terjadi peningkatan penyakit kanker mulut akibat kegiatan oral seks.

Angka kasus penyakit kanker mulut di Inggris meningkat di atas 6.000 kasus tahun lalu. Hal itu disebabkan oleh oral seks, demikian hasil temuan sebuah survei. Penyakit ini pun diderita oleh kebanyakan kaum wanita di Inggris, Demikian sebagaimana dilansir Mid Day, Rabu (31/10/2012).

Tidak hanya disebabkan oleh oral seks yang dilakukan oleh pasangan, tapi ini juga sering tertuju pada perilaku merokok dan minum minuman beralkohol. Para ahli telah mengatakan yang paling dramatis meningkat dikarenakan hubungan seksual.

Virus yang menyebabkan penyakit kanker mulut tersebut disebut human papillomavirus (HPV). Virus ini ditularkan akibatkan dari berhubungan seksual melalui mulut. Richard Shaw, ahli peneliti penyakit kanker dan tumor leher di Inggris mengatakan, pasien yang mengidap HPV diakibatkan oleh aktivitas oral seks yang sering dilakukan oleh anak muda dan tidak sedikit dari mereka perokok aktif..

Sumber