info kesehatan/unik/serba serbi

Wednesday, 17 October 2012

Jamur Meningitis Mewabah di Amerika Serikat

detail berita
WABAH meningitis di Amerika Serikat makin meluas. Saat ini ada sekira 15 orang yang meninggal akibat dari jamur meningitis yang berasal dari obat steroid ini.

The Centers for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat mengumumkan laporan kematian terkait wabah meningitis yang terjadi di negara bagian Indiana. Hampir 200 orang di 13 negara bagian AS sudah terkena wabah ini, demikian yang dilansir BBC.

Meningitis adalah peradangan pada selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Penyebaran jamur ini akibat dari penggunaan suntikan steroid untuk mengobati sakit punggung. Meskipun jamur meningitis ini tidak menular, namun gejalanya cukup mematikan. Gejalanya bisa berupa sakit kepala parah, mual, demam, saat berbicara tidak jelas, dan kesulitan berjalan.

Terkait wabah ini, sebuah perusahaan obat di Massachusetts sebelumnya menarik lebih dari 17.000 botol steroid yang telah dikirim ke lebih dari 70 klinik di seluruh Amerika. Sebanyak 13 negara yang terkena wabah, antara lain Tennessee, Michigan, Virginia, Indiana, Florida, Maryland, Minnesota, North Carolina, New Jersey, Ohio, Illinois, Idaho dan Texas. Para produsen obat secara sukarela menarik semua produk yang beredar.

Sumber