info kesehatan/unik/serba serbi

Thursday, 25 October 2012

Alami Gejala Ini, Wanita Bisa Kena Stroke

detail berita
Cegukan
JIKA Anda mengalami cegukan, mungkin ini hal yang biasa. Namun jika cegukan disertai dengan gejala aneh, seperti kehilangan kemampuan untuk berbicara, bisa jadi ini gejala stroke.



Lebih dari 425.000 wanita di Amerika Serikat berisiko mengalami stroke. Jika dibandingkan dengan pria yang hanya 375.000 orang yang berisiko stroke, jumlah risiko pada wanita jauh meningkat. Wanita bahkan dua kali lebih banyak meninggal setiap tahun akibat stroke dan kanker payudara. Inilah mengapa, penting bagi para wanita mengetahui gejala stroke, demikian yang dilansir Everydayhealth.



Carolyn Brockington, MD, asisten profesor klinis neurologi dan direktur Stroke Center di Institut St Luke's-Roosevelt Hospital of Neurology and Neurosurgery di New York City menjelaskan, betapa sulitnya memprediksi tanda-tanda stroke, baik pada wanita maupun pada pria.



“Gejalanya akan tergantung pada bagian otak mana pasokan darah terpotong sehingga menyebabkan stroke,” katanya.



Tanda-tanda stroke pada wanita dapat sangat bervariasi, misalnya sakit kepala yang parah dan tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya dan merasa tidak seperti sakit kepala lainnya yang pernah Anda alami. Gejala lainnya, nyeri yang mempengaruhi anggota tubuh atau wajah, merasa lemah, atau tidak mampu bergerak. Hanya satu sisi tubuh yang mampu digerakkan, merasa bingung, tidak bisa berbicara atau berkomunikasi dengan jelas, cegukan, pusing dan kehilangan keseimbangan, kesulitan berjalan, pandangan kabur atau seperti melihat ganda.

Sumber