info kesehatan/unik/serba serbi

Monday, 3 September 2012

Perbanyak Sayur & Buah, Anak Terhindar Obesitas

detail berita
Makan bersama keluarga
BANYAK anak yang terkena obesitas saat ini. Konsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi tanpa kontrol merupakan pemicu utama munculnya obesitas. Peran orangtua sangat diperlukan agar anak terbebas dari obesitas.

Anda tentu tidak ingin buah hati Anda terkena obesitas. Pasalnya, obesitas merupakan jalan munculnya penyakit lain, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular. Anda sebagai orangtua harus berperan aktif dalam memberikan nutrisi pada anak Anda.

Berikut beberapa cara untuk mengindarkan anak Anda dari obesitas, seperti dilansir Foxnews.

Mulailah pada masa kehamilan

Kenaikan berat badan yang berlebihan saat hamil ternyata juga dapat memicu obesitas pada anak. Konsumsi asupan nutrisi yang baik saat masa hamil perlu dijaga, agar anak Anda lahir dalam keadaan sehat.
 
Jadilah contoh bagi anak Anda

Orangtua tentu akan menjadi contoh bagi anak-anaknya. Begitu juga dengan pola dan gaya hidup sehat. Jika Anda memberikan contoh tentang cara hidup sehat pada anak, maka dia pun punya kebiasaan sehat yang tidak jauh berbeda dengan Anda.

Perbanyak sayur dan buah

Ini yang paling penting. Daripada memberikan anak Anda jajanan yang mengandung tinggi garam dan gula, berikan asupan nutrisi yang baik dengan sayuran dan buah-buahan. Variasikan makanan mengandung serat lain, seperti roti gandum atau sereal agar anak merasa lebih kenyang dan menghindari jajanan.

Olahraga bersama

Siapkan waktu Anda setiap akhir pekan untuk olahraga bersama. Ajak anak Anda bermain sepeda, jogging, atau olahraga yang bisa dilakukan bersama-sama dengan keluarga. Lakukan secara rutin setiap pekan, maka anak Anda akan terhindar dari obesitas.



Sumber