info kesehatan/unik/serba serbi

Thursday, 20 September 2012

Century, JK Harap KPK Panggil Pihak BI

Jusuf Kalla (foto: Okezone)
Jusuf Kalla
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai peran Gubernur Bank Indonesia (BI) dalam kasus skandal pemberian dana bailout terhadap Bank Century sangat besar.

Untuk itu, JK menyarankan agar Gubernur BI pada waktu itu, yaki Boediono dipanggil Tim Pengawas (Timwas) dalam pengusutan kasus Bank Century.

"Iya kan ini uang keluar dari BI. Tentu kalau mau ditanya tentu harus dimulai dari BI," kata JK kepada wartawan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (20/9/2012).

Dalam rapat timwas Century kemarin, sempat terlontar adanya operasi senyap yang dilakukan oleh sejumlah pejabat negara untuk meloloskan penggelontoran dana sebesar Rp6,7 triliun tersebut.

Anehnya, realisasi sejumlah dana tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan JK yang pada saat itu masih menjabat sebagai wakil presiden dimana dia bertugas membidangi ekonomi.

"Pada saat penggelontoran itu saya sebagai penanggung jawab negeri ini tidak dikasih tahu dan tidak memerintahkan apapun," tutur JK.

Oleh sebab itulah JK menilai bahwa sikap yang dilakukan oleh beberapa oknum yang terlibat dalam pemberian dana tersebut sebagai sebuah pelanggaran moral.

"Dan itu melanggar aturan memakai Perppu dengan itu melanggar. Karena tidak ada sistemik. Karena bukan karena krisis ekonomi. Sejauh mana uang negara hilang. Ini kan moral yang salah," tutupnya.

Sumber