info kesehatan/unik/serba serbi

Monday, 24 September 2012

12 Kloter ke Madinah, 1 Jamaah Masuk RS



Jamaah haji Indonesia baru saja tiba di Arab Saudi (Fetra Hariandja-okezone.com)
Jamaah haji Indonesia baru saja tiba di Arab Saudi
JEDDAH - Daerah Kerja (Daker) Jeddah melaporkan sebanyak 12 kloter dengan 4.433 jamaah sudah bergeser ke Madinah Al Munawaroh. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari kloter yang sudah tiba sejak Jumat 21 September.

Demikian disampaikan Kepala Daker Jeddah Ahmad Abdullah kepada wartawan. Data tersebut proses kedatangan hingga Sabtu (22/9/2012) hingga pukul 14.20 waktu Arab Saudi atau 18.28 WIB. Proses penerimaan di Jeddah dan pelepasan menuju Madinah juga berjalan sesuai rencana.

"Sebanyak 12 kloter sudah datang. Semuanya sudah kami dorong menuju Madinah. Kami masih menunggu kloter berikutnya. Karena kedatangan masih akan terjadi hingga tengah malam," paparnya.

Abdullah menjelaskan, sebagian besar jamaah dalam kondisi sehat. Hanya satu jamaah yang terpaksa harus menjalani perawatan di RS King Fahd, Arab Saudi. Jamaah tersebut adalah Toto Amat Rejo (64), asal Sukoharjo. Toto tergabung dalam kloter I Solo dengan penerbangan GA 6001, Jumat kemarin.

Hasil diagnosa sementara, Toto mengalami saki bawaan yakni gagal ginjal. Hingga kini Toto masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit sebelum melanjutkan perjalanan ke Madinah.

Kasie Pelayanan Kesehatan Daker Jeddah Ananto Prasetya menjelaskan, kondisi Toto sudah membaik. Saat dirujuk ke rumah sakit dalam kondisi dehidrasi dan demam setelah turun dari pesawat.

"Rencananya, kami ingin evakuasi ke Madinah pakai ambulance setelah surat rekomendasi dari dokter keluar. Selain itu, kami juga masih menunggu pasport dari bagian pendataan jamaah," papar Ananto.

Sumber