info kesehatan/unik/serba serbi

Saturday, 15 September 2012

Penyebab Kanker Payudara Menyebar Ditemukan


Kanker payudara umumnya sangat mematikan ketika sudah mulai menyebar ke jaringan lain di sekitarnya. Proses menyebarnya kanker payudara ini kelak bisa dicegah, sebab para ilmuwan telah menemukan apa yang membuatnya mudah menyebar.

Seperti halnya kanker padat yang lain, kanker payudara bisa tumbuh berdesak-desakan sehingga kekurangan oksigen. Untuk dapat tetap tumbuh, sel-sel kanker payudara akan membentuk pembuluh darah baru dengan batuan protein yang disebut Hypoxia Inducible Factor 1 (HIF-1).

"Kami telah mengetahui bahwa peningkatan HIF-1 ada kaitannya dengan peningkatan pembuluh darah dan tingkat kematian pasien," kata Gregg Semenza, MD, PhD, seorang ilmuwan dari John Hopkins University seperti dikutip dari Medindia, Jumat (14/9/2012).

Temuan Gregg bersama tim peneliti dari John Hopkins baru-baru ini berhasil menegaskan teori tersebut. Aktivitas HIF-1 secara langsung bertanggung jawab terhadap persebaran kanker payudara ke jaringan sekitarnya termasuk kelenjar getah bening.

Dalam eksperimen tersebut, para ahli menyuntikkan sel kanker payudara yang berasal dari manusia ke dalam tubuh tikus uji. Sel kanker yang telah disuntikkan lalu dibiarkan agar tumbuh dan berkembang, hingga akhirnya menyebar hingga ke paru-paru.

Sebagian dari tikus uji tersebut diberi obat-obatan untuk menghambat aktivitas HIF-1. Dibandingkan yang tidak diberi perlakuan apa-apa, tikus yang diberi obat untuk menekan kadar HIF-1 cenderung memiliki pertumbuhan kanker 76 persen lebih lambat.

Pada manusia, diyakini pemberian digoxin untuk menghambat aktivitas HIF-1 maupun imatinib yang biasa dipakai untuk mengobati kanker akan membuat kanker payudara lebih sulit menyebar. Dibandingkan kalau tidak diobati, ukuran tumor jadi 78 persen lebih kecil dan risiko menyebar ke kelenjar getah bening turun 94 persen.

Sumber