info kesehatan/unik/serba serbi

Thursday, 6 September 2012

Seberapa Banyak Ibu Hamil & Menyusui Boleh Makan Ikan?

detail berita
Makanan sehat bagi ibu hamil
ADANYA pencemaran lingkungan saat ini menimbulkan keresahan tentang bagaimana bisa mendapatkan bahan makanan dan air bersih yang terbebas dari limbah. Salah satu bahan makanan yang dikhawatirkan tercemar adalah ikan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan zaman pada saat ini telah berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Pencemaran lingkungan yang terjadi telah menciptakan bahaya yang tersembunyi di balik bahan-bahan makanan yang diperlukan oleh kita.

Ikan adalah bahan makanan yang saat ini sudah dikenal memiliki kandungan pencemaran yang cukup tinggi. Akibat dari limbah yang dibuang ke laut atau sungai, beberapa ikan yang kita konsumsi mengandung merkuri yang buruk bagi tubuh, khususnya bagi ibu hamil dan bayinya.

Merkuri memang berbahaya bagi bayi yang belum lahir. Zat ini dapat mempengaruhi perkembangan otak pada bayi, demikian  yang dilansir Health24. Lalu apakah para ibu hamil tidak dapat mengonsumsi ikan akibat dari bahaya merkuri di dalamnya?

Para peneliti meyakinkan bahwa para ibu hamil dan ibu menyusui tidak boleh menghentikan konsumsi ikan. Karena ikan adalah sumber terbaik bagi asam lemak omega-3 yang baik bagi perkembangan motorik dan keterampilan bayi. Tetap penuhi nutrisi omega-3 dari ikan, hanya saja batasi jumlah konsumsi ikan, misalnya tidak lebih dari 2 porsi ikan dalam seminggu.