info kesehatan/unik/serba serbi

Sunday, 9 September 2012

Air Kelapa Muda, Minuman Super Untuk Diet

Membayangkan sebuah kelapa muda segar dengan daging buah yang masih empuk rasanya memang mendamaikan. Apalagi kalau diminumnya di cuaca yang panas setelah usai ngegym. Dan, tahukah Anda bahwa para peneliti memang menyarankan air kelapa untuk diet?
"Air kelapa adalah minuman alami yang baik untuk kesehatan dan diet," ungkap Chhandashri Bhattacharya, Ph.D., seorang pengajar dari Indiana University Southeast di New Albany. Dalam presentasinya, ia juga menjelaskan bahwa air kelapa muda ini baik dikonsumsi segala usia. Memberikan nutrisi yang cukup dan menggantikan ion-ion tubuh yang hilang setelah beraktivitas.
Kandungan potassiumnya tinggi, sehingga cocok diminum seusai berolahraga.
Dibandingkan dengan sporty drink lainnya, kandungan potassiumnya mencapai 1.500mg/liter, sehingga dapat mencukupi kebutuhan tubuh. Tingkat sodiumnyapun rendah, sehingga baik untuk diet.
Jim White, seorang pakar diet, seperti dikutip dari Shine mengatakan bahwa air kelapa muda ini juga baik untuk menyukseskan program diet. Pasalnya, air kelapa muda ini bebas kalori dan mengandung hanya 22 gram gula saja. Menggantikan minuman lain dengan air kelapa muda lebih membantu Anda mencegah ngemil dan makan makanan yang manis-manis.
Rasa manis dari air kelapa muda membuat kita kenyang lebih lama. Setidaknya dapat mengobati keinginan kita untuk mengonsumsi makanan manis.
Pun demikian, tidak dianjurkan mengganti seluruh kebutuhan air dengan air kelapa muda. Minum air mineral tetap jauh lebih sehat bagi tubuh Anda.