info kesehatan/unik/serba serbi

Wednesday, 27 March 2013

Pengungsi Perempuan Somalia Jadi Korban Pemerkosaan Massal

Kamp Pengungsian Somalia (Foto: AFP)
Kamp Pengungsian Somalia
MOGADISHU – Perempuan Somalia yang berada dalam pengungsian rawan menjadi korban pemerkosaan massal. Kondisi mengenaskan pengungsi perempuan Somalia itu disampaikan oleh organisasi penegak HAM Human Rights Watch (HRW).

HRW melaporkan sebagian besar tempat pengungsian di Somalia dikuasai oleh tentara Somalia. Bukannya melindungi warga, tentara Somalia justru berbuat sewenang-wenang di dalam pengungsian.

“Mereka menjarah bantuan yang semestinya diterima oleh para pengungsi. Mereka juga seringkali menyiksa para pengungsi,” ujar Direktur HRW David Mepham, seperti dikutip BBC, Rabu (27/3/2013).

Seorang perempuan Somalia bernama Quman mengaku diperkosa oleh tiga tentara ketika sedang hamil tua. Sedangkan korban lainnya yang bernama Safiyo kini kehilangan kakinya karena ditembak oleh para tentara setelah diperkosa oleh mereka.

HRW menjelaskan, kasus pemerkosaan tersebut jarang muncul  ke permukaan karena para korban takut untuk melaporkannya. Para tentara akan menyiksa dan memukuli korban yang berani melaporkan tindakan sewenang-wenang mereka.

Para pengungsi sendiri berada dalam kamp pengungsian untuk menghindari konflik yang telah berlangsung selama 20 tahun di Somalia. Sebagin besar wilayah Somalia kini masih  dikuasai oleh kelompok militan, termasuk kelompk Al Shabab yang memiliki hubungan dengan Al Qaeda.

Sumber