info kesehatan/unik/serba serbi

Wednesday, 27 March 2013

Paus Fransiskus Sebut Vatikan Narsis

Paus Fransiskus (Foto: AP)
Paus Fransiskus (Foto: AP)
VATIKAN – Paus Fransiskus tenyata sempat melontarkan kritik keras pada Vatikan saat konklaf berlangsung. Dia menyebut Vatikan narsis karena terlalu mementingkan citranya di mata dunia.

Sang Paus yang saat itu masih dikenal sebagai Kardinal Jorge Bergoglio tersebut melontarkan kritikannya di hadapan  rekan sesama kardinal. Bergoglio meminta Vatikan lebih fokus kepada kegiatan keagamaan daripada mengurusi polemik di media.

Saat ini Vatikan memang menjadi sorotan publik karena dilanda banyak skandal, diantaranya seperti skandal pelecehan seks di dalam gereja dan skandal korupsi di tubuh birokrasi Vatikan, Curia.

“Vatikan lebih sering memikirkan citranya sendiri daripada berpikir untuk umatnya, layaknya sikap narsis,”  ujar Bergoglio di tengah proses konklaf itu, seperti dikutip Associated Press, Rabu (27/3/2013).

Bergoglio kemudian meminta siapapun yang terpilih menjadi Paus dalam konklaf untuk mengubah sikap Vatikan. Mungkin Kardinal dari Argentina itu tidak menyangka bahwa dialah nantinya yang dipilih menjadi Paus.

Cerita itu  sendiri diungkap oleh Kardinal Jaime Ortega dari Kuba. Konklaf sebenarnya berlangsung secara rahasia namun ada juga beberapa kardinal yang menceritakan pengalamannya dalam konklaf kepada media.

Sumber