info kesehatan/unik/serba serbi

Saturday, 2 February 2013

Kenapa Pap Smear Wajib Dilakukan Wanita?

detail berita
Kontrol ke dokter
KESEHATAN memang sangatlah mahal harganya. Ketimbang mengetahui penyakit terlambat, lebih baik Anda memeriksakan diri lebih awal. Inilah sederet pemerikasaan yang perlu Anda lakukan.

Organ wanita memang cenderung lebih rumit. Ada beberapa bagian yang perlu diperiksakan sejak dini agar kesehatannya tetap terjaga serta terhindar dari penyakit yang tak diinginkan. Berikut ini beberapa tes medis yang perlu dijalani wanita, seperti dilansir Health.

Pap smear
Mulai usia 21 tahun, setiap wanita yang sudah menikah dan aktif secara seksual, wajib melakukan uji pap smear setiap tiga tahun sekali untuk mencari tanda-tanda kanker serviks. Seperti mammogram, tes ini hanya berlaku untuk wanita dengan kesehatan baik dan tak memiliki risiko kanker.

Colonoscopy
Dalam tes ini, kamera kecil dimasukkan ke dalam usus Anda untuk mencari adanya polip atau kanker saat Anda sedang dibius. Tes ini dianjurkan untuk dilakukan pada usia 50 tahun atau lebih dan harus diulang setiap 10 tahun (lebih sering jika polip ditemukan). Lakukan kolonoskopi lebih awal jika Anda memiliki riwayat keluarga yang etrkena kanker usus besar, atau jika Anda mengalami pendarahan yang tidak dapat dijelaskan atau perubahan lain dalam kebiasaan buang air besar.

Depression screening
Depresi dialami satu dari empat wanita dan sering kali tidak terdiagnosis. Dalam tes ini, dokter Anda mengajukan serangkaian pertanyaan tentang masalah tidur, tingkat kemarahan, dan kehilangan minat pada kegiatan favorit Anda. Lima atau lebih tanda-tanda peringatan bisa menjadi sinyal masalah. Jika Anda khawatir tentang suasana hati Anda, mintalah dokter Anda untuk melakukan skrining ini.

Sumber