info kesehatan/unik/serba serbi

Wednesday, 1 May 2013

Tidur Buruk, Awas Kualitas Sperma Menurun

detail berita
Tidak bisa tidur 
Anda para pria patut waspada jika merasa memiliki masalah saat akan tidur. Baru-baru ini para peneliti menemukan, para pria yang mengalami kesulitan tidur memiliki sperma yang jauh lebih buruk.

Begadang bagi para pria memang hal yang biasa. Namun tentu Anda harus tetap menjaga jam tidur Anda untuk mendapatkan waktu istirahat bagi tubuh.

Untuk mengetahui efek buruk dari kurang tidur dari para pria,  peneliti menggunakan data dari 953 pria muda yang sebagian besar berada di akhir usia belasan dan awal 20-an. Mereka meminta beberapa dari pria tersebut tidur dengan baik selama empat minggu kemudian dilakukan tes darah untuk mengukur kadar hormon mereka dan analisis air mani, demikian yang dilansir Foxnews.

Parapeneliti menemukan bahwa 15 persen pria mengatakan mereka sulit untuk tertidur, dan 13 persen pria melaporkan tidur gelisah. Secara umum, semakin buruk tidur para pria maka semakin buruk kualitas air mani mereka.Tidak cukup tidur dapat membahayakan sperma. Pria yang tidur buruk memiliki jumlah sperma yang lebih rendah dan lebih sedikit sperma yang telah terbentuk dengan benar, dibandingkan dengan pria yang tidur lebih baik.